Rabu, 03 Februari 2010

- Mengenal Internet

Menurut wikipedia, internet berasal dari kata inter dan networking artinya sebuah lalu lintas jaringan besar yang tersusun dari jaringan – jaringan. Yang membuat internet menjadi sebuah informasi yang sangat hebat adalah ukurannya yang sangat massif, mengingat jaringan – jaringan yang tergabung ke internet dari seluruh dunia, seperti : ada jaringan militer, pendidikan, perorangan, bisnis, dan sebagainya.

Dengan menggunakan internet, dunia serasa menjadi sekecil daun kelor. Apa yang terjadi di asmerika akan seketika di ketahui sekarang juga. Begitu pula yang terjadi di Indonesia.

Karena kehebatannya ini, banyak ahli strategi yang memprediksi bahwa media internet ini akan menjadi media paling krusial di abad ini. Dan memang benar ! Saat ini internet menawarkan teknologi yang memungkinkan informasi di akses seketika, dengan berbagai modus, baik audio, video maupun tekstual. Tidak ada infrastruktur lain yang menghalangi kehebatan internet sekarang ini, dalam hal jangkauan dan kekiniannya dalam penyampaian informasi.

Di negara yang koneksi internet sudah merata ke hamper tiap – tiap rumah, internet memegang peranan yang lebih penting di bandingkan televise, Koran dan sebagainya. Mengapa ? Karena internet tidak hanya bias di gunakan untuk hiburan saja, namun juga bias di gunakan untuk jual beli, download, upload, kirim email dan sebagainya. Bahkan dengan VoIP, internet bias di gunakan untuk menggantikan teknologi telepon konvensional.

SEJARAH INTERNET

Internet terbukti mampu merevolusi dunia computer dan komunikasi tanpa pernah di duga sebelumnya. Penemuan telegraf, telepon, radio dan computer sebelumnya memungkinkan infrastruktur yang memungkinkan adanya internet.

Saat ini internet telah menjadi media paling banyak di gunakan dan paling efektif pula untuk melakukan broad casting global ke seluruh dunia dan penyebaran informasi. Internet juga lazim di gunakan sebagai media kolaborasi dan interaksi antara seseoarang dengan komputernya tanpa terbatas pada lokasi geografis.

Internet merupakan salah satu contoh produk yang di hasilkan dari suksesnya kegiatan riset berkelanjutan oleh para ahli yang berkomitmen pada perkembangan infrastruktur komunikasi.

Sekarang, internet telah menjadi infrastruktur yang menyebar secara merata ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia. Nam,un awal mula internet adalah di Amerika, Prototipe awalnya di sebut National Information Infrastructure.


  1. Awal Mula Internet

Konsep pertama yang di anggap sebagai awal mula internet adalah sebuah memo yang di tulis oleh J. C. R. Licklider Dari MIT ( Massachusset Institute of Technology ) pada bulan Agustus 1962 yang menceritakan impiannya tentang konsep “Galactic Network”.

Ia memimpikan sebuah jaringan computer yang terhubung secara global keseluruh dunia sehinnga tiap orang bias mengakses data dan program dari semua tempat. Konsep tersebut merupakan gambaran internet sekarang ini.

Licklider adalah orang pertama yang menjadi kepala proyek DARPA yang di mulai pada tahun 1962. Ketika bekerja untuk DARPA, ia berhasil meyakinkan penerusnya, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti Mit lainnya, Lawrence G Roberts akan pentingnya konsep jaringan computer ini.

Perkembangan infrastruktur internet makin maju ketika seorang bernama Leonard Kleinrock dari MIT menerbitkan paper pertamanya tentang teori packet switching pada tahun 1961.

Kleinrock meyakinkan Robert bahwa teori packet switching tersebut lebih feasible dari pada menggunakan rangkaian elektronik. Hal ini merupakan lompatan besar dalam perkembangan jaringan computer yang bias di anggap sebagai miniature internet karena jaringan komputerlah yang memungkinkan komputer – komputer yang berbeda untuk saling “berbicara”.


  1. Ramalan Perkembangan Internet di Masa Depan

Berdasarkan penelitian sebuah lembaga bernama Jupiter Research yang di presentasikan dalam forum “WorldWide Online Population Forecast, 2006 to 2011,” Jupiter Research mengatakan bahwa tingkat perkembangan pengguna internet sebesar 38 % selama tahun tersebut yang artinya di tahun 2011, kira – kira 22 % dari penduduk bumi merupakan pengguna internet regular.

Jupiter Research juga mengatakan bahwa populasi pengguna online akan meningkat secara bertingkat sebesar 6,6 % lebih tinggi dari peningkatan populasi penduduk yang hanya 1,1 %. Sebagai catatan, saat ini, lebih dari 1,1 milyar orang sudah dapat mengakses web.

“Daerah Amerika Utara tetap akan menjadi daerah yang memiliki pengguna internet paling tinggi” masih kata Jupiter research. Tingkat penetrasi online di daerah Amerika Utara di perkirakan akan meningkat dari sekarang ini 70 % menjadi 76 % pada tahun 2011.

Namun ketika pengadopsian internet sudah mulai jenuh, tingkat kemajuannya akan mulai menurun, seperti yang terjadi di Negara – Negara berkembang seperti : Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dan Negara – Negara Eropa Barat.

Faktanya memang demikian, populasi online di Amerika Serikat dan Kanada hanya tumbuh sekitar 3 % sementara pertumbuhan yang paling eksplosif adalah di Cina dan India. Di tahun 2011, Benua Asia di harapkan akan memiliki jumlah internet terbanyak di dunia, yakni sekitar 42 % dari keseluruhan populasi online di dunia, atau kuran lebih 5 % dari kondisi sekarang ini.

Bagaimana dengan Indonesia ? Sepertinya Jupiter Research lupa atau memang tidak berminat meneliti Indonesia. Walaupun demikian, tentu saja kita berharap teknologi internet di Indonesia berkembang secara terkendali. Yang harus di waspadai adalah teknologi internet tidak hanya memiliki factor – factor yang menguntungkan namun juga membawa factor – factor yang merugikan. Ada pros dan ada cons yang harus selalu di waspadai dalam menyambut perkembangan internet di Indonesia ini.


  1. Perubahan di Dunia Internet

Dewasa ini, internet tidak sekedar sebuah media untuk mencari informasi dan komunikasi saja. Internet telah merambah pada dunia bisnis. Banyak perusahaan – perusahaan memanfaatkan internet sebagai bagian dari proses bisnis mereka. Sebagai contoh adalah FedEx.

FedEx adalah perusahaan jasa pengantar barang dan dokumen. Melalui FedEx, kita dapat mengirimkan dokumen atau barang ke hamper seluruh Negara,. Untuk meningkatkan kepercayaan dan citra perusahaan, FedEx memanfaatkan potensi internet. Apa yang di lakukan FedEx di internet ? Rupanya, mereka membuat sebuah fasilitas perunutan pengirinan (delivery tracking ) barang. Jadi, jika anda mengirim barang menggunakan FedEx, anda dapat melihat status pengiriman barang anda. Jam sekarang barang anda sudah sampai di mana, sudah sampai tujuan atau belum, dan sebagainya.

Dengan adanya fasilitas perunutan barang, anda akan merasa tenteram anda juga tidak perlu repot – repot menelepon kantor FedEx untuk menanyakan sampai dimana barang anda sekarang. Cukup membuka Web FedEx dan kemudian memasukkan nomor registrasi pengiriman ( order number ). Anda akan mengetahui posisi dan status pengiriman anda. Fasilitas ini memberikan hasil yang luar biasa. Citra perusahaan FedEx meningkat. Pelanggan puas dan nyaman menggunakan layanan FedEx. Dengan adanya kepuasan, kemungkinan pelanggan setia akan meningkat.



Kunjungi Juga Situs kami yang lain di :

Sulap

0 komentar: